From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » » Bupati Elias Djo: Pemuda Katolik untuk Gereja dan Tanah Air

Bupati Elias Djo: Pemuda Katolik untuk Gereja dan Tanah Air

Written By Unknown on Monday, June 25, 2018 | 11:20 PM


Kunjungan Mahasiswa Katolik Dunia

DEPOK (Nagekeo Pos) - Pro Ecclesia Et Patria, untuk Gereja dan Tanah Air. Kalimat ini diartikulasi kembali oleh Bupati Nagekeo Elias Djo saat menerima kunjungan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Internasional (International Movement of Catholic Students/IMCS Pax Romana) pada 14 Juli 2017 di Mbay.

Mahasiswa Katolik berjumlah 60 orang itu selalu punya kegiatan saat libur musim panas (summer school), dan tahun ini mereka memilih mengunjungi Flores, kota Roma-nya Indonesia, difasilitasi oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), selama 10 hari (7-17 Juli, 2017).

"Sebagai Pimpinan Daerah, sekaligus sebagai tuan rumah, saya mengucapkan selamat datang, selamat bertemu dan selamat menikmati suasana alam dan situasi kebersamaan di Kabupaten Nagekeo. Saya sangat berbahagia, karena para mahasiswa bisa berkenan mengunjungi Kabupaten kami, dan melaksanakan kegiatan aksi sosial kemasyarakatan, penguatan iman dan solidaritas, bersama para mahasiswa katolik yang ada di Kabupaten Nagekeo," ujar Bupati Elias.

Bupati Elias yakin para mahasiswa Katolik dunia termasuk mahasiswa Katolik Nagekeo adalah kaum muda yang memiliki intelektualitas yang memadai, mempunyai life skill, kecerdasan yang mumpuni, serta semangat dan idealisme yang tinggi.

"Kemampuan-kemampuan ini tentu membuat kita semakin optimis akan eksistensi dan kemajuan Gereja di masa mendatang, karena di atas pundak mereka kelangsungan hidup Bangsa, Negara, Daerah dan Gereja diberikan dan dipertaruhkan atau Pro Ecclessia et Patria," tuturnya.

Bupati Elias juga menandaskan bahwa pemuda adalah Agent of Change (pelopor perubahan), Agent of Social Control (pemuda sebagai kontrol sosial) dan Agent of Development (pelopor pembangunan). Dan dalam kapasitas sebagai perhimpunan para mahasiswa Katolik, tentunya para mahasiswa selalu mempunyai keinginan untuk meningkatkan kualitas diri, melalui berbagai kegiatan pembinaan dan pengembangan diri sesuai dengan spirit dari ajaran kekatolikan kita, demikian harap Bupati Elias.

Kegiatan kunjungan mahasiswa Katolik dunia ini tentu adalah kegiatan yang langkah, karena itu menjadi istimewa jika mahasiswa Katolik Nagekeo bisa memanfaatkan moment ini dengan sungguh-sungguh, kesempatan emas untuk meningkatkan wawasan yang lebih luas. Penerimaan pemerintah dan masyarakat Nagekeo yang begitu responsif terhadap kunjungan mahasiswa katolik dunia ini setidaknya sebuah wujud keberpihakan dan kepedulian bagi masa depan generasi muda katolik di Nagekeo.

Kunjungan ini juga penting karena kegiatan yang bermuara pada penguatan kapasitas, diskusi masalah sosial seperti isu imigrasi, human traffiking, isu pendidikan, isu keagamaan dan isu sosial.
Rombongan mahasiswa Katolik juga fokuskan kegiatan di bidang pariwisata dengan mengunjungi situs Gua Jepang Woloputi di Keluarahan Lape, dan kampung Adat Tutubhada di Desa Rendu Tutubhada.

Kebersamaan mengunjungi lokasi pariwisata dan budaya di Nagekeo semoga dapat memberikan advokasi dan motivasi kepada para pemuda, para mahasiswa Katolik Nagekeo dan PMKRI Kabupaten Nagekeo sendiri, dalam memajukan aspek keimanan dan kebudayaan yang ada di daerah ini, harap Bupati Elias.

"Pemerintah bersama masyarakat Nagekeo mempunyai harapan yang besar, agar para mahasiswa Katolik yang ada di Nagekeo harus bisa bertumbuh dan berkembang dengan berlandaskan Iman dan Budaya. Selain itu juga, orang muda sebagai pewaris daerah dan gereja, harus bisa menjaga, mencintai dan melestarikan kekayaan adat istiadat dan kebudayan, sebagai aset budaya dan ikon pariwisata di Daerah ini," ujar Bupati Elias.

Bupati Elias juga mengajak mahasiwa dan pemuda Katolik untuk melihat situasi dunia yang sedang terjadi saat ini. Pemuda harus menjadi garda terdepan untuk bergandengan tangan, terus berjuang dan berjuang terus, dalam melawan kelompok radikalisme, pintanya.


Written by : Unknown ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Bupati Elias Djo: Pemuda Katolik untuk Gereja dan Tanah Air,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel Bupati Elias Djo: Pemuda Katolik untuk Gereja dan Tanah Air ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link Bupati Elias Djo: Pemuda Katolik untuk Gereja dan Tanah Air sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 11:20 PM
Share this post :

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger