From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » » RIP. Selamat jalan Om Romo Frans Doy...

RIP. Selamat jalan Om Romo Frans Doy...

Written By Unknown on Wednesday, December 5, 2018 | 2:17 PM

Oleh Viktus Murin

Berbagi "santapan jiwa" dengan segenap Saudari/saudara rohani umat Kristiani:
(Saripati Renungan/Homili Bapa Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo, pada Misa Tutup Peti Romo Fransiskus Xaverius Doy, Pr, Selasa malam 4 Des. 2018 di Rumah Duka RS. Sint Carolus Jakarta). --- Misa Tutup Peti ini berlangsung secara konselebrasi yang langsung dipimpin oleh Uskup Ignatius Suharyo.

*) Romo Frans Doy meninggal di Jakarta Senin 3 Des. 2018 dan dimakamkan di Pekuburan Pastor Sela Panjang di Tangerang, Banten, Rabu 5 Des. 2018.

"AKULAH JALAN, KEBENARAN, DAN HIDUP"

* Dalam Injil Yohanes yang diperdengarkan dalam Misa ini, kita menyaksikan sikap keragu-raguan Thomas mengenai ke mana kelak murid-murid YESUS harus mengikuti kepergian YESUS. Ada hikmahnya juga keraguan Thomas ini bagi kita. Oleh karena keragu-raguan Thomas itulah, YESUS pun mewahyukan diriNya kepada para muridNya, dan tentu saja bagi kita semua pengikutNya, bahwa: "AKUlah jalan, kebenaran, dan hidup".

* Dalam iman kita meyakini bahwa jiwa Romo Frans telah berada dalam sukacita surgawi, oleh karena konsistensinya melakoni panggilan pelayanan iman, sebagai konsekuensi akan keyakinan imannya bahwa YESUS sendirilah jalan, kebenaran, dan hidup.

* Keberadaan Romo Frans Doy dalam pelayanan rohani di wilayah Keuskupan Agung Jakarta merupakan kenangan iman yang amat baik. Semenjak awal sejak beliau ditahbiskan menjadi imam, keluarga beliau di Boawae, Flores telah mempersembahkan Romo Frans sebagai kepunyaan umat di wilayah KAJ.

* Selama masa pelayanannya, pembawaan Romo Frans dikenal tenang dan selalu hadir di depan umat dengan penuh sukacita. Ketenangan dan sukacita itu pula yang tetap terlihat di saat-saat akhir hidupnya semasa menjalani perawatan di rumah sakit.

* Di masa-masa akhir pelayanannya, Romo Frans bertekun dalam hal pelayanan meditasi Kitab Suci. Dalam pelayanan inilah, Romo Frans membawa umat untuk terus bertekun mengakrabi Kitab Suci, dan bahwa melalui ketekunan inilah selalu akan hadir mujizat-mujizat TUHAN yang bersumber dari keyakinan akan kebenaran Firman TUHAN.

* Dalam pelayanan rohani, sejatinya tidak ada imam yang baik tanpa umat yang baik. Keberadaan pelayanan rohani Romo Frans di wilayah KAJ berkembang baik karena ditopang oleh umat paroki yang baik pula. Beliau cukup lama melayani di wilayah paroki, diantaranya Paroki Santo Gabriel Pulogebang,

* Pimpinan hirarkis KAJ tentu saja berterima kasih kepada Romo Frans atas totalitas pelayanannya dalam membangun kekuatan iman umat di KAJ. Rasa terima kasih juga dipersembahkan kepasa keluarga Romo Frans di Boawae-Flores, yang semenjak awal telah mempersembahkan Romo Frans sebagai milik umat KAJ dan bukan lagi milik keluarga.

*) Homili Uskup ini diselingi pula oleh kesaksian rohani dari dua kolega Romo Frans dalam masa pelayanan, yakni oleh Rm Rohardi, dan Romo Jack Tarigan.


Written by : Unknown ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul RIP. Selamat jalan Om Romo Frans Doy...,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel RIP. Selamat jalan Om Romo Frans Doy... ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link RIP. Selamat jalan Om Romo Frans Doy... sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 2:17 PM
Share this post :

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger