From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » » Mudarat dan Manfaat Facebook

Mudarat dan Manfaat Facebook

Written By Unknown on Tuesday, November 21, 2017 | 2:28 PM



Mudarat
&Manfaat Facebook

Emilianus Yakob Sese Tolo


Seorang Anthony Giddens menamai keadaan dunia kita dewasa ini sebagai runaway, world, dunia tunggang langgang. sebab, dalam dunia seperti ini, kita dibanjiri oleh banyak informasi yang datang dari pelbagai sumber. Berjubelnya informasi yang mengintari kita membuat kita seolah menjadi makhluk tanpa pengalaman dan beresiko menderita sindorm ingatan pendek, tanpa waktu refleksi. Pada titik ini, pesan Socrates relevan untuk kita bahwa: ‘hidup yang tidak direfleksikan, tidak pantas untuk dihidupi’.


Dari sekian media komunikasi yang saat ini selalu membanjiri kita dengan pelbagai informasi adalah adalah Facebook (FB), yang mulai beroperasi sejak tahun2004.Sejak itu,FB begitu digandrungi oleh semua kalangan. Karena itu, dalam waktu relatif singkat,FB bergerak gesit, melampaui batas-batas negara dan budaya, menjangkau semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai kakek-nenek.

Tetapi, sayangnya, FB selalu membawa dampak yang mendua. Selain membawa banyak manfaat positif, FB juga melahirkan efek-efek negatif yang menggangu komunikasi,baik dengan sesamadan Pencipta.

Penemuan Facebook

Sebelum mengulas lebih jauh, saya ingin mengulas sekilas tentang FB, terutama latar belakang penciptaan dan keberhasilan dalam percaturan pasar komunikasi dunia.

Pencipta FB adalah Mark Ellliot Zuckerberg yang dilahirkan di Dobb Ferry, West­chester County, New York, 14 Mei 1984. Zuckerberg adalah anak kedua dari empat bersaudara dari orang tua pasangan dokter gigi-psikiater. Sejak kecil Zuckerberg suka mengu­tak-atik komputer. Ayahnya membelikannya komputer sejak Zuckerberg beru­sia 8 tahun.

Zuckerberg bersekolah di Ardsley High School, Ardsley, New York (1998-2000) dan Phillips Exeter Academy, Exeter, New Hamshire (2000-2002). Pendidikan universitas di bidang psikologi, Harvard University. Namun, Zuckerberg tidak menyelesaikan kuliahnya lantaran dikeluarkan dari Harvard karena membobol website data mahasiswa. Zuckerberg pun diperkara karena persoalan ini dan akhirnya dikeluarkan dari universitas.

Setelah keluar dari Harvard, Zuckerberg terus menekuni ilmu komputer secara otodidak. Ketekunannya membuahkan hasil ketika untuk pertama kalinya FB diluncurkan di bulan Februari 2004. Namun, sesungguhnya, benih FB sudah muncul sejak di Harvard. Waktu di Harvard, FB masih bernama CourseMatch yang memungkinkan teman-teman Zuckerberg bisa saling berkomunikasi dan bersosialisasi secara online.

FB telah menyulap Zuckerberg menjadi billionaire. Pada tahun 2008, Zukerberg masuk dalam urutan 785 sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan kekayaan sekitar 13,5 triliun rupiah (1.5 miliar dolar AS). Zuckerberg berhasil mencatatkan sejarah sebagai orang termudah, 24 tahun, yang berhasil mengumpulkan kekayaan sebanyak itu dari keringatnya sendiri. 

Awas Facebook

Sebab, fitur-fitur dalam FB memang memudahkan orang untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Namun, harus diwaspadai bahwa Facebook juga bisa membawa masalah bila disalahgunakan. Di balik keasyikan, kemenarikan dan kemudahan yang dihadirkan oleh FB,tersembunyi aspek negatifnya sebagai berikut.

Pertama, FB bisa mencuri waktu produktif Anda. Waktu mengalir tanpa jejak produktif.Ini fakta yang terjadi saat ini. Misalnya, di lingkungan hidup menggereja, ada beberapa individu yang lebih suka asyik bermain FB dari pada mengikuti doa malam rosario bergilir di lingkungan kita. Dalam lingkungan akademisi juga sama,banyak mahasiswa sekarang lebih gemar duduk berjam-jam ber-FB-an dari pada membaca buku di perpustakaan. Begitu juga dengan pegawai di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta, banyak pekerjaan yang tidak kelar karena keteledoran dan keasyikan bermain FB.

Kedua, FBjuga sering mengancam pembentukan moral anak-anak.Berdasarkaan data (2009), 7,5 persen pengguna FB adalah anak-anak di bawah umur 13 tahun. Bila anak-anak ini dibutakan moral dan prilakunya sejak dini, sebagai akibat dari pornografi dan pelbagai bentuk kekerasan verbal yang disajikan oleh FB, maka Gereja, bangsa dan negara tidak bergerak secara progresif mencapai kemajuan di masa depan. Sebab, hanya generasi yang bermoral dan berintelek yang bisa merealisasikan ini semua. Karena itu, semua keluarga Katolik harus mengawasi anak Anda. Jangan biarkan mereka sendiri menentukan diri mereka sendiri di hadapan FB. Tanggung jawab Anda tidak saja menyelamatkan anak Anda sendiri, tetapi juga seluruh Gereja, bangsa dan negara.

Ketiga, FB bisa memungkinkan adanya pencurian identitas. Biasanyapencurian identitas dilakukan dengan tujuan untuk membuat kejahatan dan penipuan. Pemerkosaan yang berawal dari hubungan komunikasi melalui FB sedang marak terjadi akhir-akhir ini. Karena itu,  berhati-hatilah menggunakan FB. Jangan mudah percaya pada informasi di FB. Sebab, di sanalah medan rekayasa dan penipuan yang menagih banyak korban.

Keempat, secara sadar atau pun tidak,  FB mendidik orang untuk menjadi pengintai.Melalui FB, seorang bisa, juga dibiaskan, untuk mendeteksi privasi seseorang. Melucuti privasi sejatinya adalah pengangkangan terhadap martabat seseorang. Sejak dini, pengguna dilatih untuk saling mencurigai dan mengintai teman, pacar dan pasangannya. Sikap seperti ini bisa mengganggu proses komunikasi yang konstruktif, intim dan inklusif, sebagai manusia bermartabat.

Jalan Iman

Selain masalah negatif di atas, jika dimanfaatkan secara bijak, FB sejatinya memiliki manfaat positif, yakni untuk mempermudah proses komunikasi, yang manusiawi yang konstruktif dan inklusif. Sebab, komunikasi yang baik mampu memperat hubungan sosial,mengingatkan kita akan nilai-nilai tertetentu, membantu pertumbuhan dan perkembangan pengetahuan dan, pada akhrinya, meningkatkan martabat kemanusiaan kita.

Ketika media komunikasi mulai berkembang, pada tahun 1963, Konsili Vatikan II memunculkan dekrit Inter Mirifica, yakni dektrit tentang alat-alat komunikasi Sosial (4/12/1963). Tidak lama kemudian muncul pula Instruksi pastoral tentang Communio et Progessio (23/5/1971). Kedua ajaran Gereja Katolik ini mengajak agar orang Katolik menggunkan alat-alat komunikasi untuk meningkatkan persatuan dan kemajuan umat manusia.

The last but not least, media komunikasi,seperti FB misalnya,harusmenjadi ‘tanda’ yang mengarahkan jalan kita pada perjumpaan iman yang intim dengan Pencipta. Jika demikian, saban hari, pada titik-titik tertentu, kita  mungkin perlu mematikan FB, lalu mulai merefleksi, merenung dan berdoa.

Written by : Unknown ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Mudarat dan Manfaat Facebook,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel Mudarat dan Manfaat Facebook ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link Mudarat dan Manfaat Facebook sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 2:28 PM
Share this post :

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger