From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » » Efraim Muga: Kali Lambo Paling Ideal untuk Waduk

Efraim Muga: Kali Lambo Paling Ideal untuk Waduk

Written By Unknown on Wednesday, November 2, 2016 | 6:06 PM


JAKARTA (Nagekeo Pos) - Kali Lambo di Nagekeo dipastikan sebagai lokasi paling ideal untuk proyek waduk oleh pemerintah pusat karena besarnya area tangkapan curah hujan.

Efraim Muga, Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Bappeda Nagekeo, mengatakan dengan pendekatan analisis Adjoint catchment, terbentuk catchment Lambo dengan luasan yang paling besar yaitu 12.900,82 hektar.

"Ini merupakan suatu area tangkapan curah hujan yang tidak ada bandingannya dengan sub-sub DAS lainnya di dalam DAS Aemau yang tergolong sebagai sub DAS kritis di dalam DAS Aesesa," tulis Efraim di laman facebook Grup Nagekeo Bersatu (eNBe).

Perlu diketahui bahwa DAS Aesesa merupakan salah satu DAS Prioritas Kementrian PUPR. Mengacu pada analisis hidrologi menggunakan perangkat Archydro pada ArcGIS 10.1 dan data DEM (digital elevation model) cellsize (x,y)=9,9m, luas cakupan sub-sub DAS yang membentuk DAS Aemau mencapai 26.407,71 hektar, paling besar adalah catchment Lambo (12.900,82 hektar).

Efraim menegaskan bahwa pemerintah pusat dan daerah lebih memilih kali Lambo karena punya keunggulan topografi dan hidrologi, yang membuat sub DAS Lambo/Ngabatata itu yang paling ideal dan kompetitif di seluruh DAS Aemau bahkan di seluruh DAS Aesesa.

Efraim menambahkan tapak bendungan/waduk berada di koordinat N:9038068,653 E:311219,129. Design lama merencanakan tapak bendungan setinggi 39 meter, namun sedang dikaji lagi.

Sumber dari Istana Presiden mengatakan Jokowi akan resmikan tiang pancang (groundbreaking) proyek waduk Lambo bernilai Rp1 triliun lebih itu di bulan Desember tahun ini. Sementara konstruksi atau pembangunan fisik dijadwalkan tahun 2018.


Written by : Unknown ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Efraim Muga: Kali Lambo Paling Ideal untuk Waduk,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel Efraim Muga: Kali Lambo Paling Ideal untuk Waduk ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link Efraim Muga: Kali Lambo Paling Ideal untuk Waduk sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 6:06 PM
Share this post :

+ comments + 1 comments

November 14, 2016 at 7:00 PM

Untuk kalinya ideal, tapi untuk genangan waduk tanahnya milik siapa ya maaf bung cuma nannya aja? yang saya dengar dibeberapa media di daratan Flores kebanyakan tanah ulayat adat bagamana dengan tanah ulayat adat? menurut UUD pasal 18 B ayat 2 Negara melindungi dan menghormatai haka-hak tradisional masyarakat adat, apa tidak berbenturan ni bung, Negara kita Negara Hukum Kan?

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger