From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » » (DIMANA) MIMPI ORANG NAGEKEO BEBERAPA DEKADE LALU (?)

(DIMANA) MIMPI ORANG NAGEKEO BEBERAPA DEKADE LALU (?)

Written By Nagekeo Bersatu on Wednesday, August 17, 2016 | 9:22 AM

Oleh Relawan Maw

Ketika beberapa dekade lalu muncul ide untuk memisahkan diri dari kabupaten Ngada, orang-orang Nagekeo bermimpi untuk mengurus daerah dan masyarakatnya sendiri, dan membawa menuju kesejahteraan bersama.
Banyak mimpi kala itu muncul, tentang bagaimana menjadikan Mbay sebagai lumbung padi NTT, tentang bagaimana menjadikan wilyah utara bagian timur (Wolowae) menjadi sumber garam, tentang bagaimana menjadikan wilayah selatan sebagai sentra produksi Cengkeh, Kopi, Vanili, Kakao, Kopra, tentang bagaimana menjadikan wilayah tengah dan bagian tenggara barat (Boawae, Aesesa Selatan) sebagai wilayah peternakan, tenang bagaimana Boawae menjadi wilayah pusat pendidikan, tentang bagaimana mengubah wilayah pantai sebagai tempat wisata, dan masih banyak lagi mimpi-mimpinya orang Nagekeo.

Saat itu kita bermimpi sebagai orang Nagekeo, 1 Nagekeo!! Oleh sebagian yang menganggap mimpi itu tidak realistis mereka mengkritiknya, menolak ide mimpi-mimpi tersebut. Tetapi itulah demokrasi, agar kita tidak sekedar bermipi tetapi merealistiskan mimpi-mimpi tersebut.

Sama seperti hampir 100 tahun lalu ketika Indonesia masih sekedar mimpi, sebagai sebuah Imagine Community (Ben Anderson), begitu banyak mimpi orang Nusantara yang berpikir sebagai satu entitas. Mereka berdiri melawan musuh bersama yang nyata. Mereka berjuang demi mimpi mereka. Puluhan tahun kemudian, 71 tahun dari hari ini, ketika Indonesia terwujud mimpi itu masih nyata, perasaan persatuan itu masih nyata, setidaknya selama hampir 15 tahun kemudian.

Tetapi setelah itu mereka pun terpecah dalam kelompok-kelompok dengan latar ideologi komunis, demokrasi, liberal, religius, fundamentalis, konservatif, etnis, suku, ras, dll. Hampir 30 tahun kemudian kita dipaksa untuk bersatu dengan kekuatan militer dan ide persatuan yang dipaksakan, memang cukup berhasil setidaknya 32 tahun. Meski muncul banyak pertentangan karena penggunaan kekuatan “tirani”.

Namun 16 tahun lalu kitapun berubah kembali seperti 60 tahun lalu, kita begitu bebas tetapi dengan cara yang lebih manusiawi, artinya tanpa pergolakan seperti masa itu. Namun sekarnag kitapun terpecah dalam berbagai kelompok, agama, etnis, kelompok ekonomi, ideologi, konservatif, kewilayahan, dan masih banyak lagi. Dan beginilah jadinya kita hari ini, dimanakah mimpi-mimpi kesatuan kita sebagai sebuah bangsa?, semuanya hilang, yang tersisa hanyalah mimpi pribadi untuk bertahan hidup.

Begitupun setelah 1 dekade Nagekeo berdiri, kita malah terpecah menjadi kelompok-kelompok kecil, muncul istilah itu orang Ma’u, itu orang Utara, itu orang Toto, itu orang Selatan, itu orang Nage, itu orang Mbay-Makassar, itu orang Lape, itu orang Dhawe, dan masih banyak lagi.

Dimanakah mimpi berapa dekade lalu? dimanakah semangat kita 10 tahun lalu? dimanakah mimpi kita 10 tahun lalu?, apa cuma tersisa kepentingan pribadi? dimanakah kepentingan orang Nagekeo? bukan kepentingan kelompok-kelompok kecil diatas, dimana? Apakah tujuan kita sudah berbeda?

Pertanyaan yang susah dijawab jika melihat realitas Nagekeo sekarang. Jika masih sama, mengapa kita masih berlaku tak jujur dengan tidak memperhatikan hak setiap orang? mengapa kita masih tidak jujur dalam mewujudkan kepentingan bersama, orang Nagekeo?. Kita menggunakan anggaran bersama secara tidak adill, kita menjadikan tanah sebagai komoditas untuk meraih kepentingan ekonomi dan politik.

Kita sebentar lagi berusia 10 tahun, negeri ini sudah hampir 71 tahun dalam beberapa puluh jam kedepan, mari kita melihat ke belakang, melihat mimpi kita sebagai imagine community belasan tahun lalu. Kemudian kita wujudkan mimpi-mimpi itu. Wujudkan mimpi itu dengan semangat sebagai orang Nagekeo yang satu. We must standing as one!!

Written by : Nagekeo Bersatu ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul (DIMANA) MIMPI ORANG NAGEKEO BEBERAPA DEKADE LALU (?),, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel (DIMANA) MIMPI ORANG NAGEKEO BEBERAPA DEKADE LALU (?) ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link (DIMANA) MIMPI ORANG NAGEKEO BEBERAPA DEKADE LALU (?) sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 9:22 AM
Share this post :

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger