From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » » "TERHORMAT" DAN PUNYA KEHORMATAN

"TERHORMAT" DAN PUNYA KEHORMATAN

Written By Unknown on Thursday, March 21, 2013 | 8:01 PM


Oleh Valens Daki-Soo

Mari kita refleksikan kembali makna "terhormat" yang melekat pada sapaan resmi kepada para anggota DPR. Mereka adalah "anggota dewan yang terhormat". Predikat 'terhormat' diimbuhkan pada posisi dan peran mereka yang amat mendasar bagi kepentingan rakyat. Meminjam istilah Bung Karno tentang peran dirinya, mereka adalah "penyambung lidah rakyat". Ini penting: bukan lidah keluarga, kelompok dan partai, tetapi "lidah rakyat".

Kita semua tahu apa tugas dan peran mereka, namun sejak dulu saya lebih suka formula ini, "voice of the voiceless", menjadi "suara bagi kaum yang tak (mampu) bersuara". Mereka membawa suara rakyat yang kebanyakan menderita dalam sunyi, hidup miskin di negeri yang kaya-raya ini.

Kita menohok ke inti: jika mereka menghidupkan peran itu, mereka tidak hanya layak disapa "yang terhormat", melainkan mereka orang-orang yang punya kehormatan. Sebutan "yang terhormat" tidak bermakna apa-apa jika tidak disertai kehormatan.

Itulah sebabnya wajah DPR kita dewasa ini benar-benar buram. Tentu masih ada yang baik di sana, namun perilaku sebagian dari kalangan mereka meruntuhkan kehormatan dan wibawa institusi.

Sahabat, kita mungkin menganggap diri sebagai orang terhormat. Namun apakah kita punya kehormatan dan karena itu patut disebut orang terhormat? Kehormatan dipantulkan dari kedalaman diri, sebagai pribadi yang membawa kebaikan bagi sesama dan alam semesta. Pribadi yang tahu menghargai orang lain, bersedia mendengarkan, rela berkorban dan menunaikan tanggung jawab atau misinya hingga tuntas.

'Terhormat' hanya label yang bisa dipasang pada siapa saja dan bisa dicopot kapan saja.
Namun kehormatan diri adalah harta tak ternilai, yang dengannya kita tampil sebagai pribadi yang patut dihormati. Pribadi yang punya kehormatan memercikkan Daya Ilahi -- pancaran pengaruh positif -- dalam kata dan tindakan sehari-hari.

Salam bahagia.
VDS

Written by : Unknown ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul "TERHORMAT" DAN PUNYA KEHORMATAN ,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel "TERHORMAT" DAN PUNYA KEHORMATAN ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link "TERHORMAT" DAN PUNYA KEHORMATAN sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 8:01 PM
Share this post :

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger