From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » » MUSIK DAN POLITIK

MUSIK DAN POLITIK

Written By Unknown on Thursday, March 21, 2013 | 8:16 PM


Oleh Valens Daki-Soo

Refleksi pendek sore ini diinspirasikan "obrolan santai sore hari" dengan adik saya, Bung Melki Laka Lena, di beranda ANBI (Anak NTT Bermusik Independen). Kami dua ngobrol tentang musik. Lalu saya kaitkan musik dengan politik.

Musik memang "netral" dan universal. Tapi dia bisa merembes ke mana saja, termasuk ke ranah politik. Bill Clinton itu saxofonist hebat. Bung Karno suka bermain gitar, selain menulis drama dan puisi. Puisinya yang keren alias "oke punya" antara lain yang berjudul "Aku Melihat Indonesia". Bung Karno memang negarawan hebat, politisi sejati, pemimpin kharismatis, insinyur brilian dan seniman cemerlang. Beliau suka menulis naskah drama. Tonil-tonil awal beliau tulis di Ende Nusa Bunga.

Sebenarnya para musisi juga "berpolitik" dalam arti sejati: berkarya untuk kebaikan umum (bonum commune) -- itulah tujuan politik. Cuma para politisi cenderung "main kotor" yang bikin nilai dan makna politik tergerus.

Saya menganggap para musisi adalah "politisi sejati": politik dalam arti memberi sumbangan bagi peradaban dan kemanusiaan.

Matilah kita di bumi ini kalau tiada musik, atau paling kurang kita kayak "batu karang" semua.. Hehehe.......

Saya terkenang Uncle Franky Sahilatua. Saya yang panggil "Uncle" (dalam nada canda), sampai Bung Melki juga ikut-ikutan, karena dia biasa panggil Bang Franky. Hehe... Memori manis tentang Uncle Franky yang pernah 'tegur' saya, "Bung Valens, potensimu besar seperti tronton (truk besar-panjang), tapi Bung perlakukan diri seperti bajaj." Bukan main motivasimu, Uncle! Bahagia di sana ya...

Nah, seperti juga Iwan Falls, Uncle Franky "berpolitik tinggi lewat musik": bersuara untuk bangsa dan negeri lewat raungan gitar dan bernyanyi.

Itulah "politik kebangsaan", bukan "politik kekuasaan".

Sahabat, musik bikin politik lebih "rileks dan manusiawi".
Musik bikin kita tetap sadar diri: hidup sesungguhnya adalah panggung seni tanpa henti.

Salam bahagia.
VDS

Written by : Unknown ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul MUSIK DAN POLITIK,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel MUSIK DAN POLITIK ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link MUSIK DAN POLITIK sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 8:16 PM
Share this post :

+ comments + 2 comments

November 26, 2013 at 7:15 PM

Hi Mas Nagekeo, nama saya Riry Silalahi, saya PR dari Kompas TV. Boleh minta alamat email? Saya ingin kirim press release mengenai event kerjasama Kompas TV dan KPU, sebuah konser musik yang akan mengajak pemuda/i Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya tahun depan. Eventnya sendiri namanya #K20Special hari Kamis, 28 November 2013, di Balai Sarbini pukul 20.00-22.00 ditayangkan live di Kompas TV.
Terima kasih,
Riry Silalahi

December 5, 2013 at 11:45 PM

aduh minta maaf ibu Riry Silalahi karena terlambat balas .. btw silahkan kirim saja release meski acara telah berlalu .. siapa tahu berguna .. kirim ke nagekeopos@gmail.com

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger