From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » » Wakil Ketua DPR Nagekeo: Banyak Sosok 'Bhela Mona' di Nagekeo

Wakil Ketua DPR Nagekeo: Banyak Sosok 'Bhela Mona' di Nagekeo

Written By Nagekeo Bersatu on Tuesday, April 24, 2018 | 4:59 PM

DEPOK (Nagekeo Pos) - Situasi politik di Nagekeo, juga NTT dan Indonesia semakin memanas, terutama oleh kasus suap dan korupsi yang menyeret beberapa calon bupati dan gubernur ke dalam rumah tahanan (rutan) untuk diproses.

Berbeda dengan situasi politik saat Pilkada dan Pilpres tahun 2014, kekuatan dana dan logistik calon sangat menentukan kemenangan di Pilkada dan Pilpres tahun ini dan tahun depan, karena masa kampanye yang terlampau lama. Pada 2014, masa kampanye begitu pendek (1-2 bulan), tahun ini masa kampanye pilbup/pilgub 4 bulan dan masa kampanye Pilpres 7-8 bulan.

Masa kampanye yang panjang tentu menguntungkan calon yang punya dukungan dana dan logistik. Intensitas bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat pemilih pasti lebih banyak.

Tapi sebagian masyarakat mulai jenuh karena calon tidak memperkaya topik dan artikulasi dalam pemaparan politiknya saat kampanye. Tapi calon dengan dukungan dana dan logistik yang terbatas tentu memilih konsep kampanye efektif.

Untuk konteks Nagekeo, Pilbup kali ini lebih seru karena ada 5 calon yang bertarung, bandingkan dengan Ende dengan dua calon saja, atau Sumba Barat Daya dengan 3 calon.

Kristianus Dua Wea, Wakil Ketua DPR Nagekeo, berharap dinamika politik di Nagekeo tetap bisa dikontrol dan setiap calon harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

"Kami sebagai DPR saling meneguhkan satu sama lain untuk tidak mudah terprovokasi dengan kepentingan-kepentingan individu. DPR harus turun ke masyarakat agar kesulitan masyarakat terikat dengan personil setiap DPR," ujarnya saat diwawancara Redaksi di Jakarta belum lama ini.

Kristianus Dua menegaskan setiap anggota DPR tidak boleh mati rasa pada setiap kekurangan dan kebutuhan masyarakat meski partai politiknya sibuk dengan kontestasi pilbup. "Partai itu ibarat cendawan yang lekat pada kayu. Dan DPR itu adalah kayu, maka dia tak boleh mati," jelas politisi dari Partai Golkar ini.

Kristianus Dua, politisi asal Boawae yang juga sarjana filsafat, bersama koleganya terus fokus pada intensi bersama yakni bertarung untuk martabat masyarakat kecil, terutama tak mampu secara ekonomi, dengan menjalankan tiga fungsi; legislasi (membuat undang-undang/perda), budgeting (mengajukan anggaran pembangunan), dan pengawasan (mengontrol pemerintah/eksekutif).

Dalam rangka memenuhi target RJPMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), Kristianus Dua menandaskan pihaknya selaku pimpinan DPRD akan segera mengevaluasi peraturan daerah (perda) yang tidak produktif.

Dia pun berharap agar pemerintah lebih fokus mengelola anggaran karena APBD dan PAD yang terbatas.

Kerja sama pemerintah dan DPRD harus terus ditingkatkan, terutama kerja sama untuk memperkuat sumber-sumber penerimaan daerah, mencari sumber-sumber baru yang belum dieksplorasi, selain skala prioritas penggunaan anggaran seperti menghemat belanja pegawai dan belanja publik/modal.

APBD Nagekeo saat ini mencapai sekitar Rp731 miliar sementara PAD (pendapatan asli daerah) sekitar Rp28 miliar. Kemandirian fiskal kabupaten Nagekeo pun, menurut Kristianus Dua, tidak cukup baik (sekitar 4%) atau masuk kategori rendah (ideal 20%).

Secara umum, Kristianus Dua, mengakui jika tingkat kemiskinan atau masyarakat tidak mampu (baca: bhela mona) di Nagekeo masih tinggi, apalagi daerah-daerah remote (sulit terjangkau). Maka, menurutnya, prioritas pemerintah dan DPR adalah meretas isolasi, agar pembangunan bisa berjalan lebih cepat.

Sementara itu salah satu sumber dari Nagekeo mengatakan masyarakat cenderung memilih cara-cara instan untuk mendapatkan uang agar keluar dari derita kemiskinan seperti ikut bisnis MLM, arisan berantai, judi, atau investasi bodong, juga muncul banyak pengamen mencari peruntungan selama masa kampanye pilbup.

Written by : Nagekeo Bersatu ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Wakil Ketua DPR Nagekeo: Banyak Sosok 'Bhela Mona' di Nagekeo,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel Wakil Ketua DPR Nagekeo: Banyak Sosok 'Bhela Mona' di Nagekeo ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link Wakil Ketua DPR Nagekeo: Banyak Sosok 'Bhela Mona' di Nagekeo sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 4:59 PM
Share this post :

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger