From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » » Menakar Leadership ( sharing informasi )

Menakar Leadership ( sharing informasi )

Written By Unknown on Friday, April 19, 2013 | 6:57 AM


Oleh : Embu Agapitus

Sering kali kita mendengar seseorang mengklaim dirinya sebagai seorang pemimpin yang sukses, seorang pemimpin yang berhasil. Bagaimana cara menakarnya ?

Leadership is “a process of social influence in which one person can enlist the aid and support of others in the accomplishment of a common task". Leadership is "organizing a group of people to achieve a common goal" (Wikipedia)…

Leadership atau Kepemimpinan adalah suatu proses pangaruh sosial di mana seseorang dapat meminta bantuan atau dukungan dari orang lain dalam rangka mencapai tujuan bersama. Lingkup proses Leadership atau Kepemimpinan dapat terjadi dalam suatu komunitas paling kecil, contohnya komunitas keluarga sampai dengan komunitas atau organisasi yang lebih luas, seperti kecamatan, kabupaten sampai dengan tingkat Negara atau gabungan Negara-negara seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Berikut ini indikasi leadership atau kepemimpinan :

Pertama : “Discipline” (disiplin atau kepatuhan terhadap suatu norma atau aturan). Apakah anak anda selalu meminta ijin kepada anda sebagai orang tua manakala dia akan meninggalkan rumah dalam rangka mengikuti suatu kegiatan di luar rumah ? kalau dia selalu meminta ijin kepada orang tua, maka salah satu indikasi kepemimpinan anda telah menunjukan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang sukses. Tetapi sebalikya, apabila anak anda sering meninggalkan rumah tanpa ijin dan apalagi melakukan aktivitas yang melanggar norma-norma kehidupan, maka salah satu indikasi kepemimpinan anda telah menunjukan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang gagal. Contoh yang sama dari disiplin sebagai indikator kepemimpinan dapat kita tarik ke suatu organisasi atau komunitas yang lebih luas.

Kedua : “Morale” (moril atau semangat individu). Apakah anggota atau staf anda memiliki moril yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas di dalam organisasi yang anda pimpin ? kalau jawabannya “ya”, maka salah satu indikasi kepemimpinan anda telah menunjukan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang sukses atau berhasil, tetapi apabila sebaliknya, maka salah satu indikasi kepemimpinan anda telah menunjukan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang gagal.

Ketiga : “Esprit de corps” (semangat kelompok) : Apakah team work dan kebanggaan korps ada dalam organisasi yang anda pimpin ? kalau “ya” maka salah satu indikasi kepemimpinan anda telah menunjukan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang sukses, tetapi apabila sebaliknya, maka salah satu indikasi kepemimpinan anda telah menunjukan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang gagal.

Keempat : Efficiency (efisiensi). Apakah staf atau anggota anda bekerja efektif ? contoh, apabila pekerjaan yang seharusnya dapat dikerjakan dalam waktu 1 jam dan staf tersebut dapat menyelesaikan tugas dengan baik dalam waktu satu jam atau bahkan kurang dari satu jam, maka salah satu indikasi kepemimpinan anda telah menunjukan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang sukses atau berhasil, tetapi apabila sebaliknya, pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu satu hari atau bahkan tidak mampu menyelesaikan tugas tersebut karena kurangnya kompetensi, bingung, stress, maka salah satu indikasi kepemimpinan anda telah menunjukan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang gagal.

Teman-teman FB yang saya hormati…silahkan anda menakar leadership atau kepemimpinan anda masing-masing…

Salam
Embu Agapitus (ayah tiga putri Embula)

Written by : Unknown ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Menakar Leadership ( sharing informasi ),, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel Menakar Leadership ( sharing informasi ) ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link Menakar Leadership ( sharing informasi ) sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 6:57 AM
Share this post :

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger