From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » , » PAUS, "SERVUS SERVORUM"

PAUS, "SERVUS SERVORUM"

Written By Unknown on Tuesday, March 5, 2013 | 9:02 PM


Oleh Valens Daki-Soo

Hari-hari ini umat Katolik sedunia menantikan kabar gembira dari Vatikan. Biasanya setelah konklaf (pemilihan paus oleh dan dari antara para kardinal), seorang kardinal senior akan memberi pengumuman di balkon Vatikan, "Annuntio gaudium magnum: Habemus Papam!" -- Saya mewartakan kegembiraan besar: Kita mempunyai Paus!

Figur Paus dalam hirarki Gereja sering dinilai secara 'salah kaprah'. Misalnya, mengapa orang Katolik mendewa-dewakan manusia? Bagaimana bisa Paus disembah? Apa alasan Paus dikultuskan? Saya tegaskan, Paus tidak didewakan, tidak disembah, tidak dikultuskan. Umat Katolik menghormatinya, bukan mendewakan. Nasihat spiritual dan ajaran/ ensiklik-nya didengar dan dipatuhi, tapi bukan pribadinya yang disembah (hanya kepada Tuhan, kita menyembah). Kepemimpinan dan kewibawaan rohaninya ditaati, tanpa di-"kultus individu"-kan.

Saudaraku, dalam komunitas apa saja, ada pemimpin. Bahkan dalam arisan ibu-ibu tingkat RT pun ada koordinator. Lalu bagaimana mungkin sebuah organisasi religius sebesar Gereja Katolik tidak punya pemimpin? Dalam bingkai pemahaman teologis (Katolik), Paus bukan sekadar pemimpin, apalagi pemimpin politik yang memburu kekuasaan dengan berbagai cara. Paus adalah pemimpin spiritual yang merupakan "primus inter pares", yang pertama di antara para pemimpin umat Katolik.

Sebagai pemimpin spiritual, Paus merupakan -- dan diyakini sebagai -- "man of God" (manusia yang berbakti kepada Tuhan) dan "man for others", manusia pengabdi sesama. Dia adalah "pelayan segala pelayan" (Latin "servus servorum").

Segala kemuliaan yang tampak dari dirinya (termasuk yang disimbolkan melalui jubah dan atribut kebesaran) BUKAN-lah ditujukan untuk mempermuliakan dirinya sendiri, melainkan sebagai cara simbolik Gereja menghadirkan kemuliaan Tuhan Mahaagung. Tuhan adalah "Raja segala raja", itulah yang hendak dipancarkan melalui keindahan dan keagungan Kota Vatikan, dan juga 'kebesaran' seorang Paus. Kalau mahkota seorang raja duniawi bertatahkan mutu manikam dalam segala kemewahan, seorang Paus hanya mengenakan jubah kebesaran, "mitra" (topi tinggi) dan "tongkat gembala" sebagai lambang kekuasaan Ilahi yang diberikan kepada pemimpin Gereja -- penerus kegembalaan Santo Petrus, rasul Kristus yang diangkat sebagai pemimpin perdana Gereja sebagai "umat Allah" -- dalam mengarahkan dan membimbing umat Allah di padang penziarahan hidup ini.

Paus tidak mencari kemuliaan bagi dirinya sendiri. Kemuliaan duniawi akan cepat menguap seperti air, cepat habis terbakar seperti jerami. Yang hendak dihayati dan dihidupkan dalam praksis kepemimpinan seorang paus (dan seyogianya pemimpin spiritual manapun) adalah kerelaan untuk menyerahkan diri secara total bagi pelayanan dan dedikasi bagi kebaikan universal. Suatu penyerahan diri yang hanya bisa dimengerti dalam konteks cinta maha agung: tanda cinta Ilahi yang tidak bertepi.

Paus tetaplah seorang manusia dengan segala kerapuhan manusiawi seperti kita, sehingga beliau butuh doa-doa kita. Namun tentu sebagai pribadi matang, para pemimpin spiritual sudah terdidik, terbina dan teruji mengolah diri agar menjadi teladan hidup bagi banyak orang. Kita percaya, Tuhan bisa berkarya melalui siapapun dan apa saja, termasuk para pemimpin spiritual dari agama manapun, sejauh mereka mampu "hidup dalam kebaikan dan menjadi teladan kebajikan".

Salam bahagia.
VDS

Written by : Unknown ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul PAUS, "SERVUS SERVORUM",, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel PAUS, "SERVUS SERVORUM" ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link PAUS, "SERVUS SERVORUM" sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 9:02 PM
Share this post :

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger