From World for Nagekeo
Headlines News :
Home » , » Barca Yang Terluka

Barca Yang Terluka

Written By Unknown on Wednesday, February 27, 2013 | 7:08 AM


Oleh: Resh Andrianous Romero

Kekalahan Fc Barcelona atas Real Madris Fc di Stadion Camp Nou pada leg kedua Piala Raja Spanyol (Copa del Rey) dengan skor 1 : 3 menjadi kado pahit dan pukulan telak bagi Barcelonistas. Bagaimana tidak? di tengah gegap gempita pengakuan dunia persepakbolaan atas kedigdayaan Barcelona sehingga dinobatkan sebagai klub terbaik abad ini, justu Barcelona meninggalkan catatan luka yang begitu paradoks dengan ekspektasi semua kalangan pencinta bola.

Klub yang begitu digdaya di pentas La Liga Primera, akhirnya harus merelakan asa untuk merengkuh trofi Copa del Rey ke tangan seteru abadinya Madrid. dan yang menyakitkan adalah hal ini terjadi di kandang kebesaran Barcelona : Camp Nou. kekalahan ini, melengkapi derita sebelumnya kala dipecundangi AC Milan dua gol tanpa balas pada leg pertama di ajang Liga Champion Eropa di San Siro.

Gol cepat Kristian Ronaldo dari titik putih pada menit ke 13 setelah di langgar di kotak terlarang menekan mental para punggawa Barca pada paruh pertama. gagal menyamakan kedudukan, Barca malahan dibius dengan gol kedua dari Cristiano Ronaldo memanfaatkan bola rebound hasil tepisan kiper Pinto. sontak euforia gol kedua ini meruntuhkan mental para punggawa Catalan.

Seandainya saja Roura (asisten pelatih Barca) cepat merespon strategi Madrid pada saat turun minum, mungkin hasilnya akan berbeda. timing dan momentum yang kurang matang, menyebabkan Barca terlambat menyamakan kedudukan. Jika saja Roura cermat, tentu respon cepat harus dilakukan dengan memasukan Villa mulai awal babak kedua. hal ini, memungkinkan kreasi serangan menjadi bervariasi setelah Messi kurang dapat mengembangkan permainan karena mendapat pengawalan man to man serta zona marking yang ketat dari tiga sampai empat pemain belakang Madrid. dengan kelebihan sebagai striker murni (natural striker), Vila lebih dapat berperan untuk membuka ruang sehingga memungkinkan Messi bereksplorasi lebih ke belakang.

Menghadapi strategi Madrid yang cenderung pragmatis dengan memainkan sepak bola efektif, peran wing back Barca menjadi urgen karena harus selalu berkonsentrasi untuk mengawal para winger Madrid yang licin dan gesit. keasyikan menyisir sayap, membuat mereka kadang terlambat turun untuk menutup pergerakan Ronaldo di kiri serta Di Maria di sektor kanan. jika saja lebih cepat memasukan Villa untuk membuka ruang di sektor kiri dan menarik keluar Pedro, tentu memudahkan Jordi Alba untuk berkonsentrasi menutup pergerakan Di Maria.

Namun, apapun skenarionya, Madrid saat ini tengah berpesta pora di kandang kebanggaan Catalan setelah mencetak gol tambahan lewat sundulan terarah Varane. gol hiburan yang cantik dari Jordi Alba setelah menerima assist sempurna dari Iniesta di akhir babak kedua pun, hanya menjadi hiburan sesaat dan tidak dapat menolong Barca dan seluruh Barcelonistas dari luka yang semakin dalam setelah merelakan tiket final Copa kepada rivalnya pada 'el calassico' ini.

Barca makin terluka, karena harapan terbesar hanyalah pada trofi La Liga yang sudah di depan mata. langkah menuju gelar Jawara Liga Champion pun masih terbilang samar, karena ada tugas berat yang menanti Azulgrana untuk menjamu AC Milan dan membalikan keadaan di Camp Nou pada leg kedua 16 besar nanti dengan margin minimal tiga gol tanpa balas. dengan mental dan keadaan compang camping setelah dipermalukan El Real, bukan tidak mungkin ini menjadi ujian mental terberat para punggawa Barca.


Sayangnya, luka yang dirasakan oleh seluruh keluarga Barca, diperparah dengan sayatan dari wasit yang secara kasat mata berkostum 'putih'. berkali kali pengadil lapangan itu merugikan Barca dengan keputusan yang berbau kontroversial. namun apapun hasilnya, Barca tetaplah Barca. sebuah spirit harmoni yang menyuguhkan seni bermain sepakbola yang nyaris sempurna, dengan tiki taka yang menghentakkan dunia. kekalahan dan kemenangan hanyalah soal skor, lebih dari itu Barca adalah sebuah sejarah, sebuah spirit dan sebuah inspirasi. Ia lebih dari sekedar sebuah klub sepakbola, Barca adalah rumah, Barca pun adalah keluarga.

Visca el Barca.
I (*-*) CATALAN

Written by : Unknown ~ Berita Online Nagekeo

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Barca Yang Terluka,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda . Anda boleh menyebar luaskannya atau Mengcopy Paste-nya jika Artikel Barca Yang Terluka ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman Anda, Namun jangan lupa untuk Meletakkan link Barca Yang Terluka sebagai sumbernya.

Join Us On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for Visiting ! ::

Written by: Nagekeo Bersatu
NAGEKEO BERSATU, Updated at: 7:08 AM
Share this post :

Post a Comment

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Berkomentarlah dengan bijak
3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

Semoga Jaringan kita terus terjalin dengan saling berbagi informasi

Regards,
Nagekeo Pos

 
Admin: Hans Obor | Mozalucky | Nagekeo Bersatu
Copyright © 2013. NAGEKEO POS - All Rights Reserved
Thanks To Creating Website Modify and Used by Nagekeo Bersatu
Proudly powered by Blogger